Visi Misi

VISI

Visi PS Pendidikan Kimia merupakan turunan dari Visi Universitas dan Fakultas MIPA Univeritas Negeri Gorontalo. Visi Universitas adalah Leading University dalam pengembangan kebudayaan dan inovasi berbasis potensi regional di kawasan Asia Tenggara pada tahun 2035. Visi universitas ini menjadi landasan utama Fakultas MIPA dalam menentukan visinya, yaitu Fakultas MIPA terdepan di kawasan Asia Tenggara dalam inovasi matematika dan sains pada tahun 2035. Kemudian, PS Pendidikan Kimia secara spesifik merumuskan visi yang terkait dengan pendidikan kimia, yaitu:

Program Studi yang unggul dan berbudaya dalam bidang pendidikan kimia di Kawasan Asia Tenggara tahun 2035

Program studi unggul pada tahun 2035 dimaksudkan adalah menjadi PS yang memimpin dalam pendidikan, pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat, khususnya dalam kependidikan kimia di Indonesia dan Asia Tenggara. Keunggulan PS juga diarahkan pada inovasi dalam penciptaan ide, metode, dan produk yang berdaya saing tinggi untuk melakukan pembaharuan yang diimplementasi dalam pendidikan dan pengajaran, penelitian, dan pengabdian masyarakat. PS Pendidikan Kimia akan menjadi pendorong dan inspirator bagi perkembangan Pendidikan Kimia, terutama dalam peningkatan kualitas Tri Darma Perguruan Tinggi.

PS Pendidikan Kimia yang berbudaya. Artinya Dalam menjalankan perannya, PS Pendidikan Kimia memiliki ciri budaya yang berkarakter yang tergambar dari peran PS sebagai lembaga dan perilaku civitasnya. Secara kelembagaan, budaya intelektualitas dan budaya perbaikan kualitas yang ditopang oleh moralitas tinggi akan tercermin dalam berbagai aktivitas akademik dan non akademik. Sedangkan perilaku setiap individu, baik dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa mencerminkan nilai-nilai budaya yang dianut masyarakat Gorontalo yang dikenal sebagai masyarakat yang kental akan budayanya. Dalam budaya Gorontalo dikenal adat dengan sebutan payu lo lipu (payung negeri). Payu lo lipu ini diwujudkan dalam lima sendi peradaban Gorontalo yang disebut “Payu Limo to Talu, Lipu Pei Hulalu” yang artinya dengan lima sendi (dasar) negeri (Gorontalo) kubangun. Kelima sendi tersebut dirangkai dalam kalimat-kalimat puitis sebagai berikut:

bangusa talalo bangsa dijaga

lipu poduluwalo negara dibela

batanga pomaya diri diabdikan

upango potombulu harta direlakan

nyawa podungalo nyawa dikorbankan

Lima sendi dasar ini dijadikan sebagai perisai dalam menyelenggarakan aktivitas keseharian masyarakat Gorontalo yang dijadikan motivasi civitas PS dalam bekerja dan berkarya. Selain aktivitas para civitas dilandasi oleh moto budaya sebagai pegangan hidup yaitu Adati Hula-hula’a to Sara’a, Sara’a Hula-hula’a to Kuru’ani artinya adat bersendi syarak, syarak bersendi al-Qur’an (kitabullah). Berdasarkan moto ini terdapat nilai-nilai penting yang diadopsi dalam sebagai nilai-nilai yang dimiliki oleh civitas sehingga menjadikan PS unggul dan berbudaya, yaitu: (a) nilai kearifan; (b) nilai kejujuran; (c) nilai ketakwaan; (d) nilai kesucian; dan (e) nilai moral. Nilai-nilai itu menunjukkan PS sebagai PS yang berkarakter.

Pemahaman di atas menunjukkan bagaimana arah PS Pendidikan Kimia dalam jangka panjang sebagai PS yang unggul dan berbudaya baikdi Indonesia maupun di Asia Tenggara dengan ciri budaya yang melekat dalam sistem kelembagaannya maupun perilaku civitasnya. Visi ini juga menunjukkan pandangan PS untuk menyatu dalam masyarakat karena melalui visi ini, PS Pendidikan Kimia dapat mengaktualisasikan diri dalam pengembangan peradaban, bukan saja untuk civitas dan lulusannya tetapi juga bagi masyarakat.

MISI

PS Pendidikan Kimia yang unggul dan berbudaya menunjukkan PS sebagai institusi yang berdaya saing tinggi dan berkarakter dalam Tri Darma Perguruan Tinggi baik nasional maupun internasional. Misi yang diemban oleh PS mencakup skala nasional dan internasional, yaitu misi dalam Tri Darma Perguruan Tinggi yang diperkuat dengan kerjasama. Secara spesifik, misi PS Pendidikan Kimia adalah:

  1. menyelenggarakan pendidikan kimia yang unggul dan berbudaya untuk menghasilkan lulusan berkarakter dan berdaya saing tinggi,
  2. mengembangkan dan menyelenggarakan penelitian yang inovatif, menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat untuk menumbuhkan dan mengembangkan pengetahuan masyarakat,
  3. menyelenggarakan kerjasama baik lokal, nasional, maupun internasional

TUJUAN

Tujuan PS yang dirumuskan memuat semua poin dari misi yang disebutkan di atas. Tujuan dirumuskan secara spesifik, sehingga dapat menggerakkan semua elemen mulai dari dosen, tenaga kependidikan sampai mahasiswa. Tujuan PS sebagai realisasi dari misi PS tersebut adalah:

  1. terwujudnya tata pamong, manajemen organisasi, penjaminan mutu dan monitoring evaluasi Program Studi Pendidikan Kimia secara berkelanjutan dan kondusif,
  2. peningkatan kualitas dan kapabilitas mahasiswa berdasarkan kompotensi kependidikan kimia,
  3. peningkatan eksistensi sumber daya manusia Program Studi Pendidikan Kimia
  4. peningkatan kualitas kurikulum, pembelajaran, dan suasana akademik Program Studi Pendidikan Kimia,
  5. peningkatan efisiensi, efektifitas, dan produktivitas pembiayaan sarana dan prasarana serta sistem informasi Pendidikan Kimia,
  6. peningkatan kualitas dan akses penelitian, pengabdian kepada masyarakat dan kerja sama Program Studi Pendidikan Kimia

 

Penelitian
  • Student's Satisfaction Toward The Services of The Chemical Laboratory oleh Astin Lukum \ detail
  • ANALYSIS OF T LYMPHOCYTES (CD4 +), SERUM ZINC AND THE HISTOLOGY OF THYMUS OF MALNOURISHED RATS SUPPLEMENTED WITH BLOOD COCKLE (Anadara granosa) oleh Netty Ino Ischak \ detail
  • KONVERSI LIMBAH PLASTIK POLYETHYLENE MENJADI SUMBER ENERGI ALTERNATIF DENGAN TEKNOLOGI PIROLISIS oleh La Alio \ detail
  • Potensi Kulit Singkong Sebagai Bahan Dasar Adsorben Logam Timbal (Pb) Pada Limbah laboratorium oleh Erni Mohamad \ detail
  • ISOLASI OMEGA-3 DARI BIJI SELASIH (Ocimum basilicum L.) oleh Suleman Duengo \ detail
  • OBSERVASI KLINIK PEMANFAATAN JENIS DAN RAMUAN TUMBUHAN OBAT UNTUK PENGOBATAN DIABETES MELLITUS PADA MASYARAKAT GORONTALO oleh Netty Ino Ischak \ detail
  • PENGEMBANGAN APLIKASI SUMBER BELAJAR KIMIA DASAR BERBASIS ANDROID UNTUK MENCIPTAKAN PROSES BELAJAR MANDIRI oleh La Ode Aman \ detail
  • INOVASI PEMBUATAN TEH HERBAL DAUN KELOR (Moringa Oleifera) SEBAGAI MINUMAN FUNGSIONAL ANTIOKSIDAN oleh Yuszda K. Salimi \ detail
  • Konversi Limbah Tongkol Jagung Menjadi Liquid Smoke Sebagai Pengawet Pangan Alami oleh Hendri Iyabu \ detail
  • Pemanfaatan Biji Nyamplung (Calophyllum inophyllum) Sebagai Bahan Bakar Alternatif Biodiesel dan Absorben Logam Berat Cu dan Pb oleh Ishak Isa \ detail
Pengabdian
  • Pemanfaatan Limbah Jagung Sebagai Pupuk Organik Untuk Peningkatan Produksi Pertanian di Desa Talumopatu Kecamatan Mootilago Kabupaten Gorontalo oleh Erni Mohamad \ detail